Selasa, 09 April 2019

Otomatisasi perkantoran

Otomatisasi Tata dan Kelola Perkantoran  

Pengertian 


·                     Otomatisasi adalah penggunaan mesin untuk menjalankan tugas fisik yang biasanya dilakukan manusia. 
·                     Otomatisasi Perkantoran adalah sebuah rencana untuk menggabungkan teknologi modern melalui perbaikan proses pelaksanaan pekerjaan demi meningkatkan produktifitas pekerjaan kantor. 
·                     Otomatisasi Kantor adalah semua sistem elektronik formal dan informal terutama yang berkaitan dengan komunikasi informasi kepada pegawai kantor. 
   
     Manfaat Otomatisasi Perkantoran


  Otomatisasi Perkantoran bertujuan untuk meningkatkan produktivitas, memberikan kemampuan antar manajer untuk saling melakukan komunikasi dengan lebih baik dalam alat  pemecah masalah sehingga dapat menghasilkan keputusan yang lebih baik dan lebih cepat. 
     
            Manfaat dari Otomatisasi Perkantoran :
1. Pemecahan masalah Kelompok/Tim,
2.Sebagai suatu cara komunikasi bisnis untuk memperlancar semua komunikasi interpersonal 
3.  Sebagai pelengkap bukan pengganti pegawai 
4.  Membuat informasi menjadi lebih mudah digunakan, dipindahkan, dan dirawat.
5.  Dapat meletakkan landasan yang kuat untuk integrasi informasi.

      Jenis-Jenis Aplikasi Otomatisasi Perkantora
-           Word Processing,
·                 Elektronik Mail,
·                 Voice Mail, 
·                 Electronic Calendring, 
·                 Audio Conferencing,
·                 Video Conferencing,
·                 Computer Conferencing,
·                 Facsimile Transmission, 
·                 Video Text,
·                 Image Storage and Retrieval 
·                 Desktop Publishing 
     Kelebihan Otomatisasi Perkantoran 
1.                  Lebih mudah dalam hal pencarian kembali
2.                  Jaringan komunikasi formal
3.                  Pekerjaan lebih cepat
 
    Kelemahan Otomatisasi Perkantoran 
1.                  Membuat karyawan malas atau bergantung kepada mesin dan teknologi 
2.                  Lowongan kerja semakin sedikit 
3.                  Membutuhkan biaya yang cukup besar 
    Dampak Positif Penggunaan Otomatisasi Perkantoran
1.                  Mendorong untuk belajar keterampilan baru
2.                  Lebih mudah dan cepat dalam memperbaiki kesalahan 
3.                  Lebih sedikit pekerjaan 
    Dampak Negatif Penggunaan Otomatisasi Perkantoran
1.                  Karyawan cenderung menjadi "MachineMinders"
2.                  Masalah kesehatan 
3.                  Kehilangan kontak personal

    Pengguna Otomatisasi Perkantoran 
·                 1.   Manajer 
·                  2.  Profesional 
·                  3. Sekretaris
·                  4. Clerical Employee (Clerc)/Pegawai Administrasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar