Selasa, 16 April 2019

laporan




LAPORAN

Ø  PENGERTIAN LAPORAN 

·         MENURUT AHLI
MENURUT KERAF (2001; 284), laporan adalah suatu cara komunikasi dimana penulis menyampaikan informasi kepada seseorang atau suatu badan karena tanggung jawab yang dibebankan kepadanya.
Menurut Soegito (dalam Wardani 2008), laporan adalah sebuah tulisan berisi informasi yang didukunh oleh data yang lengkap sesuai dengan fakta yang ditemukan. Data disusun sedemikian rupa sehingga akurasi informasi yang kita berikan dapat dipercaya dan mudah dipahami.
Menurut Prof.Dr. Prajudi Atmosudirjo, laporan adalah setiap tulisan yang berisikan hasil pengolahan data dan informasi.
Menurut J.C. Denyern, laporan adalah alat komunikasi tempat penulis membuat beberapa kesimpulan atau keadaan yang telah diselidiki.

·        MENURUT KAMUS
Laporan merupakan segala sesuatu yang di laporkan.dan segala sesuatu yang dilaporkan berkenaan dengan tanggung jawab yang ditugaskan kepada si pelapor.

·        MENURUT  ENSIKLOPEDIA
Laporan adalah suatu bentuk penyampaian berita, keterangan, pemberitahuan ataupu pertanggungjawaban baik secara lisan maupun tulisan dari bawahan kepada atasan sesuai dengan hubungan wewenang Pemuda Pancasila.

·        MENURUT DIRI SENDIRI
Laporan suatu bahan informasi yang diperoleh dari hasil pengolahan data.
                      
Ø  KEGUNAAN LAPORAN
1)      Menjelaskan tanggung jawab tugas / kegiatan
2)      Menjelaskan dasar penyusunan
3)      Sumer informasi
4)      Merupakan bahan untuk mendokumentasikan
5)      Sebagai teknik – teknik baru



Ø  MACAM-MACAM LAPORAN
1.      Laporan berdasarkan isi dan maksudnya
1)    Laporan informatif  => laporan sebagaimana adanya atau sesuai dengan kenyataan
2)    Laporan analisis  => laporan yang erupa sumbangan pikiran, pendapat dan saran yang isinya matang dan mendalam
3)    Laporan rekomendasi  => laporan yang berisi penilaian sekilas tanpa analisi mendalam
4)    Laporan pertanggungjawaban  => laporan yang berupa pertanggungjawaban yang dapat dikerjakan dengan berpedoman pada 2 hal :
-         Apabila proyeknya sudah selesai
-         Jika pekerjaan bertahap/laporan kemajuan
5)    Laporan kelayakan  => laporan yang bertujuan untuk untuk menentukan mana yang terbaik setelah menganalisa suatu masalah secara mendalam untuk menuju penilaian yang bersifat pilihan layak atau tidak.

2.      Jenis laporan menurut bentuk
1)    Laporan berbentuk memo  => laporan yang biasa digunakan untuk keperluan intern organisasi/kantor dan hanya memuat pokok-pokonya saja (isi laporan).
2)    Laporan berbentuk surat  => laporan yang dibuat dalam bentuk surat biasa, isinya kira-kira satu sampai tiga, paling banyak lima halaman.
3)    Laporan berbentuk naskah  => laporan bentuk naskah dapat pendek atau panjang, penyampaiannya memerlukan memo atau surat pengantar.





3.      Jenis laporan menurut sifat
1)      Laporan biasa  => laporan yang berisi informasi biasa.
2)      Laporan penting  => laporan yang berisi informsi penting.

4.      Jenis laporan menurut penyampaian
1)      Laporan lisan
2)      Laporan tulisan
3)      Laporan visual

5.      Jenis laporan menurut waktu dan periodesasi
1)      Laporan rutin  => laporan yang wajib dilaporkan rutin dengan waktu yang sudah ditentukan.
2)      Laporan berkala  => laporan yang dilaporkan dalam waktu tertentu.
Ø  SISTEMATIKA LAPORAN

1)     Pendahluan
Pada pendahuluan disebutkan tentang :
1.      Latar belakang kegiatan
2.      Dasar hukum kegiatan
3.      Apa maksud dan tujuan kegiatan
4.      Ruang lingkup isi laporan

2)     Isi laporan
Pada bagian ini dimuat segala sesuatu yang ingin dilaporkan antara lain :
1.      Jenis kegiatan
2.      Tempat dan waktu kegiatan
3.      Petugas kegiatan
4.      Persiapan dan rencana kegiatan
5.      Peserta kegiatan
6.      Pelaksanaan kegiatan (menurut bidangnya, urutan waktu pelaksanaan, urutan fakta/datanya)
7.      Kesulitan dan hambatan hasil kegiatan
8.      Kesimpulan dan saran penyempurnaan kegiatan yang akan datang.

3)     Penutup
Pada kegiatan ini ditulis ucapan terimakasih kepada yang telah membantu penyelenggaraan kegiatan itu, dan permintaan maaf bila ada kekurangan – kekurangan. Juga dengan maksud apa laporan itu dibuat.



                                                     
Ø TEKNIK MEMBUAT LAPORAN
1)      Melakukan pengamatan
2)      Mencatat / mengumpulkan data
3)      Membuat kerangka laporan
4)      Mengembangkan kerangka laporan
5)      Menyunting laporan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar